Selasa, 24 April 2012

makalah al qur'an hadis MI


BAB I
PENDAHULUAN
Dalam konteks madrasah, agar lulusannya memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif, maka kurikulum Madrasah perlu dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi. Hal ini dilakukan agar madrasah secara kelembagaan dapat merespon secara proaktif berbagai perkembagan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta tuntutan desentralisasi. Dengan cara seperti itu, Madrasah tidak akan kehilangan relevansi program pembelajarannya.
Selanjutnya basis kompetensi yang dikembangkan di Madrasah harus menjamin pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, pengusaan ketrampilan hidup, pengusaan kemampuan akademik, seni, dan pengembangan kepribadian yang paripurna. Dengan petimbangan ini, maka disusun kurikulum nasional Pendidikan Agama di Madrasah yang berbabasis kompetensi dasar yang mencerminkn kebutuhan keberagaman peserta didik Madrasah secara nasional. Standar ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam mengembangkan kurikulum Qur’an Hadist di Madrasah sesuai dengan kebutuhan daerah atau Madrasah.
Oleh karena itu, peranan dan efektifitas pendidikan agama di Madrasah sebagai landasan bagi pengembangan spiritual terhadap kesejahteraan masyarakat mutlak harus ditingkatkan, karena asumsinya adalah jika pendidikan agama (Yang meliputi Al-Qur’an dan Hadist, Aqidah dan Aklaq, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam) yang dijadikan landasan pengembangan nilai spiritual dilakukan dengan baik, maka kehidupan masyarakat akan lebih baik.
Pendidikan Al-Qur’an dan Hadist di Madrasah Ibtidaiyah sebagai landasan yang integral dari pendidikan Agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, tetapi secara substansial mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadist memiliki kontribusi dalam memberikan motifasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan kegamaan (tauhid) dan Ahlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Ibtidaiyah yanbg dimaksud untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadist sehingga dapat diwujudkan dalam pertilaku sehari-hari sebagai manifestasi iman dan taqwa kepada Allah Swt.

























BAB II
PEMBAHASAN
KURIKULUM AL QUR’AN HADITS MI, STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, DAN STANDAR ISI AL QUR’AN HADITS MI

Al-Qur’an-Hadits, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dan hadits dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadits-hadits tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan. Hal ini sejalan dengan misi pendidikan dasar adalah untuk: (1) pengembangan potensi dan kapasitas belajar peserta didik, yang men­yangkut: rasa ingin tahu, percaya diri, ketrampilan berkomunikasi dan kesadaran diri; (2) pengembangan kemampuan baca-tulis-hitung dan bernalar, ketrampilan hidup, dasar-dasar keimanan dan ketaqwaan terhadan Tuhan YME; serta (3) fondasi bagi pendidikan berikutnya. Di samping itu, juga mempertimbangkan perkembangan psikologis anak, bahwa tahap perkembangan intelektual anak usia 6-11 tahun adalah operasional konkrit (Piaget). Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar juga merupakan masa social imitation (usia 6 - 9 tahun) atau masa mencontoh, sehingga diperlukan figur yang dapat memberi contoh dan teladan yang baik dari orang-orang sekitarnya (keluarga, guru dan teman-teman sepermainan), usia 9 – 12 tahun sebagai masa second star of individualisation atau masa individualisasi, dan usia 12-15 tahun  merupakan masa social adjustment atau penyesuaian diri secara sosial. Secara substansial mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencintai kitab sucinya, mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an-Hadits sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

A.    Tujuan

Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di MI bertujuan untuk:
1.      Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca al-Qur’an dan Hadits;
2.      Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an-Hadits melalui keteladanan dan pembiasaan;
3.      Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur’an dan al-Hadits.
B.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
1.      Pengetahuan dasar membaca dan menulis al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid
2.      Hafalan surat-surat pendek dalam al-Qur’an, dan pemahaman sederhana tentang arti dan makna kandungannya serta pengamalannya melalui keteladanan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Pemahaman dan pengamalan melalui keteladanan dan pembiasaan mengenai hadits-hadits yang berkaitan dengan kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturahim, taqwa, menyayangi anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang munafik dan amal shaleh
CStandar Kompetensi Lulusan
1.      Membaca, menghafal, menulis, dan memahami  surat-surat pendek dalam al-Qur’an  surat al-Fatihah, an-Nas sampai surat  ad-Duha.
2.      Menghafal, memahami arti, dan mengamalkan hadits-hadits pilihan tentang akhlak, dan amal saleh.
D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

KKLS/
SSEM
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
 DASAR


I1 / 1

1.      Menghafal surat-surat pendek  secara benar  dan fasih

1.1 Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

1.2 Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih


I 1 / 2

2.      Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya

2.1 Mengidentifikasi  huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya

2.2 Membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya

3.      Menghafal surat-surat pendek
3.1 Melafalkan surat al-Kautsar ,Quraisy

3.2.Menghafalkan al-Kautsar ,Quraisy

4.      Memahami hadits tentang Kebersihan secara seder-hana
4.1   Menerjemahkan hadits tentang kebersihan secara sederhana

4.2   Menghafal hadits tentang kebersihan

4.3 Menunjukkan perilaku bersih di lingkungannya


I2/ 1
1.      Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung
1.1  Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar

1.2  Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar

2.      Memahami kaidah ilmu tajwid
2.1 Menerapkan  tanda baca waqaf dan wasal

3.      Menghafal surat pendek
3.1  Melafalkan surat  an- Nashr secara benar dan fasih

3.2  Menghafalkan surat  an- Nashr secara benar dan fasih


I2/ 2

4.      Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih
4.1 Melafalkan surat  al-Qadr, al-Ma’un, al-Kafirun, al-Fil, dan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih

4.2  Menghafalkan surat  al-Qadr, al-Ma’un, al-Kafirun, al-Fil, dan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih

5        Memahami hadits tentang Hormat Kepada Kedua Orang Tua
5.1 Menerjemahkan hadits tentang hormat kepada orang tua secara sederhana

5.2 Menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua


I3 / 1
1.      Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih
1.1 Membaca  surat at-Takatsur, al- Zalzalah dan al- Humazah secara  benar dan fasih

1.2 Menghafalkan surat at-Takatsur, al- Zalzalah dan al- Humazah secara  benar dan fasih

2.      Memahami kaidah ilmu tajwid

2.1 Memahami  bacaan ghunnah,  “Al Qomariyah” dan  “Al Syamsiyah”


2.2 Menerapkan  bacaan ghunnah,  “Al Qomariyah” dan  “Al Syamsiyah”




3.1 Menghafalkan hadits tentang  shalat berjamaah

3.      Membaca hadits tentang Salat Berjamaah


3.2 Menerapkan perilaku shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari


I3 / 2
4.Menghafal surat-surat pendek  secara benar  dan fasih

4.1  Membaca surat al-Qori’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih

4.2  Menghafalkan surat al-Qori’ah dan surat  at-Tin secara benar dan fasih

5.Memahami arti surat-surat pendek


5.1.Mengartikan  surat al-Fatihah dan surat al-Ikhlas

5.2  Menerapkan kandungan surat al-Fatihah dan al- ikhlas

6.Memahami kaidah ilmu tajwid

6.1Mengenal bacaan Mad Thobi’i, Mad Wajib        Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

6.2Menerapkan bacaan mad Thobi’i, Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

7.Memahami hadits tentang Persaudaraan secara benar dan fasih

7.1Menghafal hadits tentang persaudaraan

7.2Menerapkan perilaku persaudaraan dengan sesama



4/1






4/2





5/1








5/2










6/1









6/2

1.Menghapal surah-surah pendek secara benar dan fasih

2.Memahami arti surah-surah pendek
3.Mmemahami kaidah ilmu tajwid


1. Memahami arti surah pendek serta hadits tentang niat dan silaturrahmi
2. Menerapkan kaidah ilmu tajwid


1.Memahami arti surah pendek


2.Memahami arti hadis tentang menyayangi anak yatim


3.Menghafalkan surah-surah pendek secara benar dan fasih

4.Memahami arti surah pendek


5.Memahami arti hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik


1.Menghafal surah pendek secara benar dan fasih

2.Memahami arti surah pendek pilihan

3.Memahami hadis entang keutamaan memberi


4.Menghafalkan surah pendek secara benar dan fasih



5.Memahami arti hadis tentang amal salih
1. 1Membaca surah al-‘adiyat dan surah al-Insyirah secara benar dan fasih.
1.2Menghafal surah al-‘adiyat dan surah al-insyirah secara benar dan fasih.
2.1 Memahami kandungan surah an-Nasr dan al-kausar.
3.1 Memahami hukum bacaan izhar halqi dan ikhfa haqiqi
3.2 Menerapkan hukum izhar halqi dan ikhfa haqiqi

1.1Memahami isi kandungan surah al-Lahab, hadits tentang niat, dan hadits tentang silaturrahmi.

2.1Mengenal hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab
2.2Menerapkan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab

1.1menerjemahkan surah Al-Kafirun, Surah Al Ma’un, dan Surah At Takasur
1.2Menjelaskan isi kandungan surah Al-Kafirun, Surah Al Ma’un, dan Surah At Takasur

2.1Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim
2.2Menjelaskan isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim secara sederhana

3.1Membaca Surah Al-Alaq secara benar dan fasih
3.2Menghafal Surah Al-Alaq secara benar dan fasih

4.1Menerjemahkan Surah Al-Qadr
4.2Menjelaskan isi kandungan Surah Al-Qadr tentang malam lailatul Qadr secara sederhana

5.1Menerjemahkan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik
5.2Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik secara sederhana
1.1 Membaca Surah Ad-Duha secara benar dan fasih
1.2 Menghafal Surah Ad-Duha secara benar dan fasih
2.1 Menerjemahkan surah Ad-Duha
2.2 Menjelaskan isi kandungan Surah Ad-Duha tentang menyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia dengan sederhana
3.1 Menerjemahkan hadis tentang keutamaan memberi
3.2 Menjelaskan hadis tentang keutamaan memberi secara sederhana

4.1 Membaca surah Al-Bayyinah dengan baik dan fasih
4.2 Menghafal surah Al-Bayyinah dengan baik dan fasih

5.1 Menerjemahkan hadis tentang amal salih
5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang amal salih secara sederhana
5.3 Menerapkan isi kandungan hadis tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan sesama.


E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.








BAB III
PENUTUP
Simpulan
Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dan hadits dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadits-hadits tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan. Hal ini sejalan dengan misi pendidikan dasar adalah untuk: (1) pengembangan potensi dan kapasitas belajar peserta didik, yang men­yangkut: rasa ingin tahu, percaya diri, ketrampilan berkomunikasi dan kesadaran diri; (2) pengembangan kemampuan baca-tulis-hitung dan bernalar, ketrampilan hidup, dasar-dasar keimanan dan ketaqwaan terhadan Tuhan YME; serta (3) fondasi bagi pendidikan berikutnya.










DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI Kurikulum 2006. Pedoman Umum Pengembangan Silabus Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan. Malang: PT. Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2004. KBK, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Rosda Karya.
Mursal dan S. Nasution. 1993. Mengajar dengan Sukses. Bandung: Jemmars.


0 komentar:

Posting Komentar